Berita

Komisi B DPRD DIY Dukung Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Hutan

Apr

07

Komisi B DPRD DIY Dukung Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Hutan

Komisi B DPRD DIY Dukung Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Hutan

            Kelompok Tani Hutan (KTH) Rukun sejati, Dusun sejati Trukan Kalurahan Sumberarum Kapanewon Moyudan berproses untuk menjadi KTH Madya. Kegiatan sosialisasi Pengelolaan Hutan Rakyat didampingi oleh Sekolah Vokasi UGM, Dinas LHK DIY dan Komisi B DPRD DIY berlangsung 1 April 2021 di sekretariat KTH, Sejati Trukan. Pengelolaan Hutan Rakyat adalah salah satu indikator pada Kelola Kawasan, yang perlu dipahami KTH, selain Kelola kelembagaan dan Kelola Usaha.

          Wiyono T.Putro dosen Sekolah Vokasi UGM mengatakan, kunci keberhasilan kelompok tani adalah pada kelembagaan yang kuat, berbasis sumber daya lokal, kreatif dan inovatif, memberikan manfaat nyata, memanfaatkan TIK, jaringan kuat dengan para pihak dan keterlibatan aktif generasi muda dan kaum perempuan. Ibu Yuni Satya Rahayu anggota dewan dari Komisi B DPRD DIY yang hadir menegaskan, Lembaga kelompok sangat penting untuk berinovasi dalam mengangkat perekonomian masyarakat dengan berbagai bentuk usahanya.  “ Dewan tidak akan segan membantu fasilitasi yang dibutuhkan kelompok tani, asal Lembaga kelompoknya kuat “  Imbuhnya.


            Partisipasi anggota KTH terkait antusias, secara partisipatif  menguraikan harapan, masalah dan solusinya, dengan teknik problem solving dalam pertemuan yang tetap memberlakukan protokol kesehatan. Bapak A. Prabawa W.S anggota KTH menyampaikan solusi penanganan bawah tegakan dengan budidaya tanaman Porang. Pada kesempatan tersebut Bp. Prabawa mengungkapkan ketertarikannya berawal melihat dari youtube, berkeinginan melihat  secara nyata di kelompok tani yang sudah berhasil mengembangkan Porang.  Berbeda yang disampaikan Bp. Sugiharto, beliau mengaku sudah mencoba menanam Porang dari umbi seluas 1000 m2 , belum berhasil tumbuh 100 %. Untuk itu KTH memerlukan pembuktian sebagai tahap penerapan adopsi informasi yang diterima.  “ Pilih lokasi yang mempunyai agroklimat serupa dengan Sejati Trukan jika akan melakukan study banding” pesan Pak Wiyono dari Sekolah Vokasi UGM . Hal ini berhubungan dengan tahap merealisasikan penanaman Porang dengan kondisi lahan yang sesuai.


            KTH Rukun Sejati, salah satu KTH yang berada di wilayah Kapanewon Moyudan, berdiri sejak tahun 2009 patut berbangga, saat pertemuan pada tanggal 1 April 2021 terjadi sinergi antara Dinas Pembina, DLHK DIY, Lembaga Pendidikan ( UGM ), dan anggota Dewan ( Komisi B DPRD DIY ). KTH mendapatkan wawasan untuk meningkatkan kapasitas SDM anggota dan Pengurus, menuju  KTH Madya, juga terpecahkannya masalah KTH dalam merencanakan study banding  tentang Tanaman Porang yang akan dikembangkan di kelola Kawasan KTH.

            Kepala Bidang Planologi dan Produksi Hutan Dinas LHK DIY , Ibu Ir.Niken Aryati,MP berpesan agar KTH selalu berdaya, menjalin komonikasi dengan penyuluh pendamping, mengelolla Hutan Rakyat dengan kelelmbagaan yang kuat. “ Kelompok harus kuat, mulai dari pemimpinnya, pengelola lembaganya, bagian teknis lapangan, serta bagian pemasaran / interpreneurnya “ Pungkas Bu Niken sekaligus menutup pertemuan tersebut. 


Oleh : Dewi Sulistyowati,SP (Penyuluh Kehutanan DIY)