Berita

Bimtek Pembinaan Kalpataru Nasional

Feb

11

Bimtek Pembinaan Kalpataru Nasional

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY mengadakan Bimtek Penghargaan Kalpataru melalui Kelompok Substansi Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup, Bidang P3KLH pada Kamis, 10 Februari 2022 di Ruang Rapat D Dinas LHK DIY. Peserta Bimtek ini adalah individu atau kelompok yang akan diusulkan maju ke tingkat Nasional. Penghargaan Kalpataru sendiri terdiri dari beberapa kategori diantaranya kategori Pengabdi Lingkungan, Perintis Lingkungan, Pembina Lingkungan dan Penyelamat Lingkungan. Kepala Dinas LHK DIY Dr. Ir Kuncoro Cahyo Aji, M. Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kesadaran Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH) perlu dilakukan sejak dini serta menguatkan komitmen terhadap PPLH perlu adanya penguatan Kalpataru karena pelestarian Lingkungan Hidup adalah hak anak cucu kita. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang P3KLH Ag. Ruruh Haryata, SH., ST., M. Kes bahwa PPLH tidak hanya menjadi beban Pemerintah saja namun juga beban pihak swasta maupun masyarakat.

Peserta Bimtek Kalpataru

 

Bimtek ini juga menghadirkan Peraih Penghargaan Kalpataru Nasional Tahun 2021 Suswaningsih, S.TP kategori Pengabdi Lingkungan dari Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Suswaningsih merupakan Penyuluh Pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Rongkop. Beliau menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masyarakat dan menceritakan pengalamannya saat diusulkan Penghargaan Kalpataru mulai dari Tingkat DIY hingga ke tingkat Nasional. Suswaningsih juga memotivasi peserta untuk terus berjuang dalam melestarikan Lingkungan Hidup. Selain Suswaningsih, peserta juga dibekali dengan format tata cara pengisian formulir pengusulan Kalpataru dan juga alur verifikasi dokumen maupun verifikasi lapangan oleh Peni Yulianto, ST dan Tifani Diah Nisa, ST sehingga harapannya peserta lebih memahami alur pengusulan serta tahapan-tahapan yang akan dilalui untuk maju ke Tingkat Nasional.
Penyampaian tahapan-tahapan verifikasi Penghargaan Kalpataru Nasional

Bimtek ini juga dimaksudkan bukan hanya menyampaikan format dokumen kalpataru tetapi juga mengingatkan peserta dalam upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup yang diimplementasikan di lapangan. Penghargaan Kalpataru ini juga tidak hanya mencari pemenang namun juga mencari tokoh-tokoh masyarakat yang bisa menginisiasi atau memprovokasi masyarakat dalam hal PPLH.