Berita

GEBER Alas Bunder

Aug

30

GEBER Alas Bunder

GEBER Alas Bunder

Minggu, 28 Agustus 2022 - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY melalui Balai Taman Hutan Raya Bunder mengadakan acara GEBER atau Gelar Budaya Alas Bunder yang dihadiri oleh Perwakilan Bupati Gunungkidul,  Paniradya Pati Paniradya Kaistimewaan DIY, Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, beberapa OPD Pemda DIY, OPD Pemda Gunungkidul, dan pemangku kepentingan lainnya berlangsung pada Minggu, 28 Agustus 2022 di Taman Hutan Raya Bunder dengan mengusung tema “Hutan Istimewa, Masyarakat Berdaya”.



“Kedepannya hutan istimewa merupakan pengelolaan hutan melalui konsep sosiopreneur yang bertujuan mampu berperan membantu menyelesaikan persoalan sosial diantaranya adalah kesejahteraan sosial, stunting dan disabilitas atau bisa dikatakan bahwa hutan istimewa merupakan wujud dari hutan inklusi di DIY.” Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji dalam sambutannya.

Hutan tahura adalah hutan konservasi yang kedepannya menjadi hutan istimewa sebagai pendukung Jogja Istimewa dengan vegetasi yang sangat khas dikarenakan ke depannya pengembangan hutan akan dibagi menjadi 3 blok, yaitu yang pertama adalah blok tradisional yang merupakan blok terdekat dengan desa penyangga yang berisi tanaman khas yang ada di Yogyakarta. Blok kedua atau blok tengah merupakan blok pemanfaatan yang bisa dilakukan pengembangan melalui pemanfaatan hutan konservasi dengan jasa lingkungan. Kedua blok ini memberikan akses kepada masyarakat melalui konsep sosiopreneur sehingga dapat berperan dalam menyelesaikan persoalan persoalan sosial, diantaranya adalah kesejahteraan sosial, stunting dan disabilitas sehingga melalui dua blok ini akan menjadikan pengelolaan hutan menjadi hutan inklusi itu yang kita sebut sebagai hutan istimewa. Dan pada blok yang terakhir adalah blok inti atau blok konservasi dimana dalam blok konservasi hutan akan dikembalikan menjadi hutan sedia kala sehingga tidak ada bangunan apapun dalam blok ini.

Acara yang dimeriahkan oleh penampilan special Keroncong Difa Plus yang merupakan kelompok disablitas masyarakat penyangga & Difaband #13 yang merupakaan binaan BRTPD Dinas Sosial DIY dapat menjadi wadah bagi masyarakat sekitar (Desa Penyangga) Tahura Bunder untuk mempromosikan hasil usaha masyarakat di bidang kehutanan yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan maupun UMKM. GEBER 2022 juga dimeriahkan dengan adanya lomba mewarnai tingkat TK serta beberapa penampilan kesenian budaya seperti Reog, Wayang, Jathilan Kreasi, Seni Theater, Rampak Kendang, Rinding Gubeng yang berasal dari Kelompok Kesenian Hutan Wonosadi.