Berita

Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri

Jun

23

Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY melalui Kelompok Substansi Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup melaksanakan pembinaan calon Sekolah Adiwiyata yang akan maju ke tingkat Mandiri di SDN Bakalan Kabupaten Bantul pada Rabu 22 Juni 2022. Narasumber dalam pembinaan ini adalah Balau Eko Purwanto, S.T dan didampingi oleh Peni Yulianto, ST serta Azmi Muhammad SB, S.T. Kepala Sekolah SDN Bakalan dalam sambutannya mengatakan bahwa SDN Bakalan tahun ini akan maju ke tingkat mandiri setelah sebelumnya behasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional, SDN Bakalan juga telah membina sedikitnya 2 Sekolah binaan sebagai salah satu syarat untuk maju ke tingkat mandiri yaitu SDN Wojo dan SDN Krapyak Wetan.


Eko Purwanto sedang menjelaskan kepada peserta pembinaan

Balau EKo Purwanto, S.T menjelaskan bahwa ada dokumen wajib yang harus disiapkan dalam pencalonan adiiwiyata mandiri seperti kuisioner excel, KTSP, tabel IPMLH (4 tahunan dan 1 tahunan) serta ada 5 poin penting yang perlu dilakukan antara lain adalah :
  1. Pengelolaan sampah.
  2. Konservasi energi
  3. Konservasi air
  4. Kebersihan drainase,
  5. Penanaman pohon/penghijauan, serta memiliki minimal satu inovasi yang dikembangkan di Sekolah.

Untuk inovasi diusahakan belum banyak dilakukan oleh sekolah lainnya dan merupakan hal yang baru. Inovasi tidak harus berupa produk tetapi bisa berupa metode pembelajaran. Selain hal-hal diatas, ada hal yang tak kalah penting juga yang harus disiapkan yaitu SK Sekolah binaan serta bukti-bukti pembinaannya berupa foto, materi, daftar hadir, notulen. Pada pembinaan ini juga mengupas tentang RPP Silabus SDN Bakalan yang sudah dipersiapkan untuk diusulkan ke Kementerian.

Peserta pembinaan di SDN Bakalan

Dalam pengusulan dokumen Adiwiyata ini, juga ada inovasi baru dari Kementrerian LHK bahwa sekolah diwajibkan untuk mengunggah dokumen ke aplikasi Sistem Informasi Adiwiyata (SIDIA) selain mengirimkan dokumen melalui flasdisk dan unggah di google drive. Aplikasi SIDIA ini nantinya akan menggunakan Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) sebagai username-nya dan untuk password-nya akan diinfokan oleh Kementerian setelah nantinya DLHK DIY mengirimkan surat usulan ke pusat.


bangtas_dlhk