Berita

Penanaman Mentaok dan Penyerahan Sertifikat Register KTH

Jul

07

Penanaman Mentaok dan Penyerahan Sertifikat Register KTH

Penanaman Mentaok dan Penyerahan Sertifikat Register KTH

Senin, 4 Juli 2022 - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY menggalakkan penanaman Mentaok sebagai salah satu upaya Pencanangan  Konservasi Tanaman Langka dan Tanaman Hias Anggrek di Kaliurang Sleman. Acara penanaman mentaok ini dihadiri oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Kepala DPKA DIY, Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY, Taman Nasional Gunung Merapi, Panewu Kapanewon Pakem Sleman, Lurah Kalurahan Hargobinangun, KTH Wana Puspa, KTH Pagar Merapi dan KTH Sedyo Makmur. 

"Kegiatan ini selaras dengan motto kami yaitu ekosistemnya tetap terjaga, masyarakat dapat berpenghidupan layak sehingga dengan menjaga ekosistem yang terjaga ini tingkat partisipasi masyarakat kami harapkan selalu meningkat dalam proses pemberdayaan masyarakat di kawasan hutan", ucap Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY 

Gusti Kanjeng Ratu Hemas menyampaikan dalam sambutannya, bahwa untuk mewujudkan pembangunan nasional berkelanjutan diperlukan beberapa langkah strategis yang dapat mendorong pembangunan investasi dengan tetap selalu memperhatikan kelestarian lingkungan hidup. 

Selain Mentaok, dibudidayakan juga tanaman Anggrek Merapi sebagai upaya pelestarian tanaman anggrek serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 



Dalam acara ini, turut hadir 3 Kelompok Tani Hutan (KTH) yaitu KTH Wana Puspa, KTH Pagar Merapi dan KTH Sedyo Makmur yang menerima penyerahan sertifikat register dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

"Penyerahan ini penting karena jika tidak ada penyerahan itu mungkin kita tidak bisa melaksanakan tugas." demikian dikatakan Gusti Kanjeng Ratu Hemas dalam sambutannya. 

Kegiatan ini diakhiri dengan penanaman 4 pohon mentaok oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Bapak  Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M. Si selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Bapak Wiyos Santoso, S.E., M.A.cc selaku Kepala DPKA DIY, dan Raden Mas Gustilanthika Marrel Suryokusumo.