Pengumuman

Pengumuman Peringkat Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY Tahun 2021

Sep

16

Pengumuman Peringkat Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY Tahun 2021

Pengumuman Peringkat Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY Tahun 2021

Dinas LHK DIY mengumumkan hasil seleksi Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY Tahun 2021 sekaligus pemberian uang pembinaan yang dilaksanakan di Aula A pada Kamis 16 September 2021. Kepala Dinas LHK DIY, Dr. Ir. Kuncara Cahyo Aji, M. Si yang rencana menghadiri dan menyerahkan thropy serta piagam penghargaan ini urung hadir karena suatu hal yang tidak dapat diwakilkan sehingga Kepala Bidang P3KLH Ir. Kuncara HP, MMA, yang menggantikan penyerahan thropy dan piagam penghargaan. Hadir pula Kepala DLH Kabupaten Kulon progo, Drs. Sumarsana, M. Si beserta staf, Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK DIY serta para peraih penghargaan.
Ir. Kuncara HP, MMA dalam sambutannya menyatakan bahwa Penghargaan Kalpataru merupakan penghargan tertinggi dibidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada Seleksi Kalpataru Tingkat DIY Tahun 2021 ini, Dinas LHK DIY menerima 12 calon nominator peraih penghargaan Kalpataru dengan rincian 3 kategori Perintis Lingkungan, 3 kategori Penyelamat Lingkungan, 2 kategori Pembina Lingkungan dan 4 kategori Pengabdi Lingkungan. Dari 12 calon tersebut setelah dilakukan verifikasi lapangan dan diambil 3 besar pemenang dari masing-masing kategori.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 226/KEP/2021, tanggal 30 Juli 2021, tentang Peringkat Pemenang Seleksi Kalpataru Tingkat DIY Tahun 2021. Adapun pemenang Penghargaan Kalpataru 2021 adalah sebagai berikut :
Kategori Perintis Lingkungan peraih penghargaan adalah :
  1. Suryanto dengan alamat Carikan, Bumirejo, Lendah Kulon Progo
  2. Lilik Sugiyono, alamat Dagaran, Palbapang, Bantul
  3. Rudi Cipto Hartono, alamat Padukuhan Gedaren, Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul

Kategori Penyelamat Lingkungan, adalah :

  1. KTH Wanapaksi, alamat Gunungkelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo
  2. KWT Mayangsari, alamat Padukuhan Jambe, Semin, Gunungkidul
  3. Kelompok Penyelamat Mata Air Sruwuh, alamat Mojolegi, Karangtengah, Imogiri, Bantul

Kategori Pengabdi Lingkungan, adalah :

  1. Teguh Santoso, S.Pd, alamat Sorogoten, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
  2. Sujaka, STP alamat Gading, Playen, gunungkidul
  3. FX. Sudarno, alamat Plaosan, Sendangrejo, Minggir, Sleman

Kategori Pembina Lingkungan, adalah :

  1. Suwando, alamat Kayugede, Samigaluh, Kulon Progo
  2. Totok Murwasito, alamat Mandesan, Semin, Gunungkidul.

Untuk Peringkat pertama mandapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000,00 ; Peringkat kedua mendapatkan Rp. 7.500.000,00; sedangkan peringkat ketiga sebesar Rp. 5.000.000,00.


Penyerahan Thropy oleh Kepala Bidang P3KLH, Ir. Kuncara HP, MMA kepada pemenang Seleksi Penghargaan Kalpataru.

Foto bersama Pemenang Kategori Penyelamat Lingkungan bersama Kepala Bidang P3KLH, Ir. Kuncara HP, MMA

Ir. Kuncara juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada penerima Penghargaan Kalpataru tingkat DIY ini sebagai pejuang lingkungan, individu atau kelompok masyarakat yang menunjukkan kepeloporan dan memberikan sumbangsih bagi upaya pemeliharaan fungsi Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Diharapkan nantinya penerima penghargaan Kalpataru ini tidak hanya sampai pada taraf menerima saja, namun bisa berperan aktif sebagai mitra, narasumber, pelatih, pendamping dalam melaksanakan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

(Peni Y).