Pengumuman

Pengumuman Peringkat Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat DIY Tahun 2022

Jun

14

Pengumuman Peringkat Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat DIY Tahun 2022

Pengumuman Peringkat Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat DIY Tahun 2022

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY melaksanakan pengumuman peringkat Program Kampung Iklim (ProKlim) DIY Tahun 2022 di Aula Jati Dinas LHK DIY, pada hari Selasa, 14 Juni 2022. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas LHK DIY Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M. Si dan didampingi oleh Kepala Bidang Penaatan, Pengkajian dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup Ag. Ruruh Haryata, S.H., S.T., M. Kes. Dalam sambutannya Kepala Dinas mengatakan bahwa upaya pengendalian perubahan iklim yang dilaksanakan secara global merupakan salah satu agenda prioritas dunia untuk menyelamatkan kehidupan di bumi untuk tetap menjaga dan bahkan meningkatkan upaya dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Program Kampung Iklim (ProKlim) yang ditetapkan sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis masyarakat merupakan salah satu langkah strategis pemerintah dalam membumikan isu global perubahan iklim menjadi aksi bersama di tingkat lokal. Program Kampung Iklim memuat aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim oleh kelompok masyarakat dalam upaya meningkatkan ketahanan iklim dan mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) atau berkontribusi menahan kenaikan suhu rata-rata global di bawah 2oC seperti tertuang dalam kesepakatan Paris (Paris Agreement) pada tahun 2015.


Kepala Dinas LHK DIY memberikan sambutan

DLHK DIY juga senangtiasa mengajak partisipasi dan kepedulian semua pihak untuk melestarikan lingkungan demi terwujudnya bumi yang bersih dan hijau. Salah satu strateginya adalah dengan ProKlim, Adiwiyata, Adipura maupun Kalpataru yang bertujuan untuk mendorong pemerintah dan segenap komponen masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip-prinsip peduli dan ramah lingkungan.

Sebelumnya DLHK DIY menerima usulan dari Kabupaten dan Kota se-DIY calon nominator ProKlim sebanyak 10 lokasi, dan setelah dilakukan verifikasi administrasi maupun lapangan, ditetapkan 3 besar lokasi ProKlim DIY.
Adapun peringkat 3 besar ProKlim DIY 2022 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas LHK DIY, Nomor 188/17406 tanggal 17 Mei 2022 adalah sebagai berikut :

  1. Padukuhan Cibuk Kidul, Kalurahan Margoluwih, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman.
  2. Pedukuhan Madigondo, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo
  3. Huntap Jetis Sumur, Padukuhan Glagahmalang, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas LHK DIY didampingi Kepala Bidang P3KLH menyerahkan Trophy kepada peraih penghargaan



Foto bersama penerima penghargaan ProKlim, Kepala Dinas LHK DIY, Kepala Bidang P3KLH serta Perwaklian DLH Kabupaten Sleman dan Kulon Progo


Ketiga peringkat tersebut masing-masing berhak mendapatkan Piagam, Trophy serta Uang Pembinaan dan penyerahan Piagam, Trophy dilakukan oleh Kepala Dinas LHK DIY didampingi oleh Kepala Bidang P3KLH. Di akhir sambutannya Kepala Dinas juga mengucapkan selamat kepada para pemenang ProKlim DIY semoga penghargaan ini bisa lebih memotivasi masyarakat dan bisa berperan aktif sebagai mitra, narasumber, pelatih, pendamping dalam melaksanakan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.