Berita

Verifikasi Proklim Nasional Kategori Proklim Utama di Glagahmalang Cangkringan Sleman

Jul

21

Verifikasi Proklim Nasional Kategori Proklim Utama di Glagahmalang Cangkringan Sleman

Verifikasi Proklim Nasional Kategori Proklim Utama di Glagahmalang Cangkringan Sleman

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara Kementerian LHK RI melaksanakan verifikasi peserta calon Program Kampung Iklim (Proklim) di lokasi Proklim Padukuhan Glagahmalang Kalurahan Glagaharjo Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman pada Selasa 19 Juli 2022 secara online. Sebelumnya terdapat 4 lokasi Proklim DIY yang mengajukan diri maju ke Proklim Nasional Kategori Proklim Utama dari DIY yaitu :

  1. Padukuhan Glagahmalang Cangkringan Sleman,
  2. Padukuhan Cibuk Kidul Seyegan Sleman,
  3. Padukuhan Jaranan Panggungharjo Bantul
  4. Padukuhan Priyan Trirenggo Bantul.

Program Kampung Iklim merupakan program berlingkup Nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pada verifikasi Proklim Glagahmalang ini dilaksanakan di Balai Dusun Glagahmalang dan dihadiri oleh beberapa warga Glagahmalang, Perwakilan DLHK DIY, DLH Kabupaten Sleman, Panewu Cangkringan serta Kalurahan Glagaharjo. Verifikasi dimulai pukul 13.00 WIB dengan diawali dengan perkenalan tim verifikasi dari Balai PPI yaitu Pamela Ayu Andrea JS, S. Hut, Paul Hawkes Maniani, Nyoman Yeni Susanti, S. Hut dan Retno Wulan S. Si. Kemudian dilanjutkan sambutan Panewu Cangkringan dan selanjutnya dilakukan paparan profil Padukuhan Glagahmalang oleh Dwi Agung Subroto, S.T perwakilan tim proklim Padukuhan Glagahmalang. Dalam paparannya Dwi Agung mengatakan bahwa visi Dusun Glagahmalang adalah Mewujudkan Dusun Glagahmalang yang MBOIS (Mandiri, Bergotongroyong, Optimis, Interaktif dan Sejahtera). Hal ini dilatarbelakangi karena Dusun Glagahmalang ini dulunya merupakan lokasi yang terdapak Erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang menghancurkan hampir seluruh lokasi Dusun sehingga masyarakat Glagahmalang ingin berusaha bangkit secepatnya dengan mempersatukan masyarakat dengan visi yang sama.

Kondisi Dusun Glagahmalang saat Erupsi Merapi 2010


Dalam menuju Kampung Iklim ini, Dusun Glagahmalang telah melakukan upaya Mitigasi dan Adaptasi perubahan Iklim antara lain :

  1. Pengendalian kekeringan, banjir dan longsor
  2. Peningkatan ketahanan pangan
  3. pengendalian penyakit terkait iklim

Sedangkan upaya adaptasinya adalah :

  1. Pengelolaan sampah, limbah padat dan cair
  2. Menggunakan energi baru terbarukan dan penghematan energi
  3. Melakukan budidaya pertanian yang rendah emisi GRK
  4. Meningkatkan dan mempertahankan tutupan vegetasi
  5. Mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Semua kegiatan yang dilakukan dalam upaya mitigasi dan adaptasi ini dilakukan secara bergotong-royong oleh masyarakat Dusun baik muda maupun tua, salah satu kegiatannya misalnya pengendalian banjir dan kekeringan dengan membuat panampungan air hujan dan pembuatan sumur resapan. penampungan air hujan menggunakan tangki atau water toren yang sumber airnya dialirkan dari talang rumah warga. Manfaat dari penampungan air hujan ini yaitu bisa untuk cadangan air di waktu musim kemarau, untuk menyirami tanaman/ladang maupun untuk perikanan.

Tampat penampungan air hujan


Warga Dusun Glagahmalang bergotongroyong membuat sumur resapan air hujan sebagai upaya konservasi air




Kegiatan lain, mulai dari KWT, PKK, Posyandu, Posbindu, Sedekah Sampah semua sudah ada SK maupun Struktur Organisasinya sehingga secara kelembagaan kegiatan di Dusun ini sudah sangat baik. Salah satu Tim verifikasi Pamela Ayu mengatakan sudah sangat baik kegiatan mitigasi dan adaptasi di Dusun Glagahmalang ini, namun masih ada beberapa kekurangan, antara lain identifikasi tanaman penghijauan, SK KWT Ngudi, AD/ART, Program Kerja, Buku Keuangan, SK Pendukung kelompok maupun Sertifikat penghargaan kelompok. Harapannya Dusun Glagahmalang nantinya bisa melengkapi kekurangan yang belum ada dan bisa menjadi Dusun Proklim Nasional. Kegiatan verifikasi online ini bisa dimungkinkan akan dilanjutkan dengan verifikasi offline guna memperkuat justifikasi dalam penetapan Proklim Utama.


Pelaksanaan verifikasi secara online di Balai Dusun Glagahmalang

Penulis : Peni Yulianto, S.T
Foto : Dusun glagahmalang